Yongam Temple, Korea Selatan

Yongam Temple, Korea Selatan - Pada kesempatan ini, saya akan mereview sebuah tempat ibadah bagi umat Budha yang bisa dijadikan referensi tempat wisata jika anda berada di Korea Selatan. Tempat wisata itu bernama Yongam Temple atau Kuil Yongam. Ketika kita mendengar kata Kuil, pasti terpikir bahwa tempat ibadah yang seperti sering kita lihat di Indonesia. Tetapi, Kuil Yongam tidak seperti Kuil yang kita bayangkan. Kuil Yongam dibangun dengan arsitektur yang indah. Arsitektur yang menggabungkan antara Budaya, Legenda, serta Ukiran. Dan tentunya bisa menjadi tujuan yang tepat untuk mengenal Agama Budha lebih dalam.

Yongam temple korea selatan
Kuil Yongam atau Yongam Temple pada awalnya di bangun sekitar tahun 552 masehi. Kuil ini mengambil nama dari sebuah patung yang seharusnya berbentuk naga, tetapi hancur pada masa penguasaan negara Jepang.

Legenda yang pernah ada bercerita tentang Pangeran terakhir dari Dinasti Shilla yang menangis setelah melihat keadaan kampung halamannya itu. Pada waktu itu, ia sedang berjalan menuju Gunung Geumgang setelah jatuhnya Dinasti Shilla.

Disana anda akan melihat pintu Ilju yang ketika anda masuk ke pintu masuk Kuil Budha tersebut, anda akan melihat sebuah keindahan yang disebut Dancheong (warna-warni cat tradisional pada bangunan kayu). Dan jika anda masuk ke dalam pintu tersebut, anda akan dapat melihat sebuah nisan dari Yongam.

Ketika Anda berada di depan pintu masuk Kuil tersebut, Anda akan melihat terdapat dua Candi yang memiliki bel dibawahnya. Dan saat Anda melewati pintu, akan terlihat gambar sepasang penjaga pintu yang sedang beradu sengit. Gambar tersebut sesuai dengan gaya khas Kuil Budha. Pada gambar tersebut dapat kita lihat bahwa penjaga pintu yang pertama sedang memanfaatkan sebuah pedang. Sedangkan satunya lagi, sedang mengayunkan sebuah tombak panjang.

Selain itu, kita juga dapat melihat sebuah bel besi besar yang memiliki beberapa ukiran. Bel itu diletakkan diatas sebuah panggung dengan cara menggantungkan bel tersebut. Jika kita melihat ke arah dinding luar Kuil, dapat kita lihat Kuil di tutupi dengan ilustrasi adegan dari kehidupan Budha. Kemudian kita lihat sebuah lapangan, terdapat beberapa patung yang masih banyak orang yang baru melihat patung tersebut. Sedangkan dibelakang Kuil terbentang dua spanduk besar. Spanduk pertama terbentang secara horizontal dan spanduk kedua terbentang secara vertikal.

Patung di sekitaran yongam temple
Disebelah kiri Kuil, anda akan taman kecil yang bertingkat. Dimana ada beberapa peralatan olahraga dan beberapa jalur yang mengarah ke Achasan Ridge. Selain melihat Kuil Yongam, anda juga bisa melihat sebuah patung yang bisa di jadikan tujuan untuk berwisata.

Patung itu disebut dengan Patung Budha Yongmiri. Patung tersebut terletak di bagian atas sebelah kiri dari Kuil Yongam. Patung Budha Yongmiri berlokasi di Gunung Jangji, Yongmi-ri Gwangtan-myeon. Patung Budha Yongmiri diperkirakan dibangun pada masa Dinasti Goryeo.

Bagaimana? Anda tertarik? Semoga bisa menjadi alternatif tujuan wisata jika Anda berlibur ke Korea Selatan.

Referensi artikel dan sumber gambar : Paju Si, Alicetets, Koreanconsulting

0 Response to "Yongam Temple, Korea Selatan"

Posting Komentar